Pardus: Distro Linux Dari Turki

Pardus... For Freedom...Bagi rekan-rekan pengguna Linux, mungkin nama Pardus sebagai distro Linux masih agak asing atau mungkin malah baru tahu ada distro bernama Pardus. Saya sendiri baru tahu beberapa hari yang lalu. Hasil review tentang Pardus dibeberapa website umumnya memberi nilai positif membuat saya penasaran untuk mencobanya. Saya telah menginstall distro ini pada notebook Dell Inspiron 14 (N4030) dan sangat terkesan dengan kinerjanya. Semua peripheral (soundcard, webcam, WiFi, network card, dll.) yang ada di notebook ini terdeteksi secara otomatis dan dapat berfungsi dengan baik.
Sekilas info:

  • Pardus adalah distro Linux nasional yang secara resmi didukung oleh pemerintah Turki
  • Pardus dibuat from-scratch, bukan turunan dari distro lain
  • Pardus secara resmi dirilis pertama kali pada 27 Desember 2005

Informasi lebih lanjut tentang Pardus bisa dibaca di:

Review:

fyi, saya adalah pengguna GNOME sehingga agak kurang nyaman dengan Pardus yang menggunakan KDE sebagai desktop managernya. Oleh karena itu, sampai saat ini saya masih menggunakan Fedora 14 untuk kegiatan sehari-hari. So, sekarang ada dua distro di notebook saya. Well done Turkish!

5 thoughts on “Pardus: Distro Linux Dari Turki

  1. maaf. Bang saya bingung konversi kalender Hijriah Masehi di web ini, kok tanggal 4 juli 2014 itu 7 Ramadhan 1435 ya? Harusnyakan 6 Ramadhan. Dan jika konversi masehi ke hijriah, harinya memang benar. Tapi jika dari hijriah ke masehi harinya kacau. Mohon dibaca. Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.