Mencairkan Cek Dari Text-Link-Ads

Kawans, akhir Januari 2012 yang lalu saya mendapat kiriman cek senilai $158.81 dari Text-Link-Ads. Alhamdulillaah, akhirnya usaha saya membuahkan hasil juga. Cek ini adalah pendapatan saya dari hasil penjualan slot iklan di website saya yang lain. Seneng sih, tapi bingung juga. Bagaimana mencairkannya? Googling pun tidak mendapat petunjuk yang cukup jelas. Akhirnya saya coba datang langsung ke bank yang ada disekitar kantor saya, minimal untuk bertanya tentang prosedur pencairan cek dari luar negeri dengan mata uang asing.

cek text-link-adsBank pertama yang saya kunjungi adalah Bank Danamon karena kebetulan masih satu gedung dengan kantor saya. Customer service bank tersebut menyatakan bahwasanya bisa saja dicairkan di Danamon tapi kita harus sudah menjadi nasabah setidaknya selama satu tahun. Sayangnya saya bukan nasabah disitu tapi setidaknya saya punya gambaran bagaimana mencairkannya.

Dari penjelasan Danamon diatas, saya coba ke Bank BCA karena saya adalah nasabah bank tersebut sejak tahun 2000. Saya pikir, kebijakan Danamon dan BCA mungkin sama. Di BCA saya mendapat penjelasan bahwa untuk dapat mencairkan cek dari luar negeri dengan mata uang asing, nasabah harus mempunyai rekening giro valas. Wah, lebih parah ternyata karena rekening giro valas tidak bisa dimiliki oleh perorangan, harus berbentuk badan usaha.

Bank berikutnya yang saya datangi adalah Bank Mandiri, disini saya mendapat jawaban yang cukup jelas dengan syarat yang tidak terlalu bertele-tele. Customer service menjelaskan bahwa cek tersebut bisa dicairkan dengan persyaratan sebagai berikut:

  • biaya dimuka sebesar $30
  • mempunyai saldo minimal senilai $30
  • biaya jasa (provisi) sebesar $10 dari jumlah yang diterima
  • lama proses pencairan sekitar 30 s.d 40 hari kerja

Dijelaskan pula bahwa biaya diatas tidak harus dalam bentuk US Dollar, bisa dalam Rupiah dengan nilai yang setara. Jadi, saldo kita setidaknya harus ada sekitar $60 atau sekitar Rp. 540,000,- ($1 = Rp. 9000). Nilai saldo kita akan dipotong senilai $30 untuk biaya proses dimuka dan $30 lainnya diblokir selama masa proses pencairan. Jika sudah bisa dicairkan maka biaya-biaya tersebut akan dikembalikan dengan potongan provisi $10. Cukup adil juga kan? Akhirnya, saya cairkan cek tersebut di Bank Mandiri.

Saat ini cek tersebut sedang diproses, mudah-mudahan bisa cair.

15 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.